Minggu, 04 Agustus 2013

CARA MUDAH MEMBUAT USB BOOTABLE DENGAN POWER ISO




Dengan munculnya windows 8 tentu sangat menggoda para pengguna Windows 7 untuk berganti atau mengupgrade sistem operasi windows 7  tersebut dengan Windows 8. Namun bagi Anda yang tidak mau melepaskan Windows 7 namun ingin menikmati Windows 8 dapat memilih solusi  dengan membuat dua bootable yaitu Windows 7 dan Windows 8. Kedua Sistem Operasi tersebut sebaiknya diinstal pada partisi yang berbeda.
Bagi pengguna netbook tentu dengan tidak tersedianya CD-ROM Drive atau tidak memiliki CD-ROM eksternal tentunya akan mengalami kesulitan dalam menginstal Sistem Operasi. Pada tulisan ini Saya tidak membahas tentang cara membuat dua bootable sistem operasi tetapi membahas tentang bagaimana membuat bootable tool dengan menggunakan USB flashdisk terutama untuk pengguna netbook yang tidak memiliki CD-ROM drive.  Banyak cara untuk membuat USB bootable ini. Cara yang termudah untuk membuat USB Bootable adalah dengan menggunakan software POWER ISO.  Anda dapat menggunakan Power Iso 5.4 atau Power Iso 5.7. Power Iso 5.7 dapat Anda unduh di sini.

Untuk membuat USB Bootable, file  sistem operasi Anda harus mempunyai format image file, misalnya format iso file. Setelah Anda unduh kemudian Instal Power Iso 5.7 tersebut.  Setelah selesai proses instalasi restart komputer Anda. Setelah restart  kemudian Anda koneksikan USB Flash disk Anda, minimal kapasitas flash disk Anda adalah 4 GB. Jangan lupa Anda backup seluruh file pada flash disk Anda karena seluruh file akan terhapus selama proses pembuatan USB bootable. Setalah itu Anda jalankan Power Iso 5.7. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut :

1.       Klik menu Tools, pilih Create  Bootable USB Drive...

 


2.       Jika muncul kotak dialog seperti gambar di bawah, klik OK
.


3.       Setelah itu akan muncul kotak dialog berikut,

 


4.    Pada Source Image File Anda pilih Sistem Operasi yang akan Anda buat bootablenya, file tersebut dalam bentuk image file misalnya dalam bentuk iso file. Sebagai contoh saya membuat bootable untuk Windows 8.


Pada Destination USB Drive Anda pilih tempat drive  dari USB  Anda, pada contoh ini USB saya terletak pada drive L  dengan kapasitas flash disk 7 GB. Pada Write Method Pilih USB-HDD.

 

5.       Setelah itu Anda tekan tombol START. Akan muncul kotak dialog berikut ini ..
 


Maksudnya semua file  pada USB akan dihapus. Jika Anda telah memindahkan file penting Anda pada flsh disk tersebut klik OK.

6.       Proses pembuatan USB bootable akan berlangsung, tunggu sampai selesai.


 

7.       Setelah proses selesai Anda tekan tombol close, dan USB flask disk Anda siap digunakan.
 


8.       Sekarang USB Anda dapat digunakan seperti halnya CD-ROM tetapi Anda harus mensetting dahulu prioritas bootable pada BIOS Anda..Selamat Mencoba.

u    Untuk mendownload file pdf tutorial di atas klik di sini..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar